Posted by : Unknown Rabu, 08 Mei 2013



 

Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah ajang berkompetisi dalam bidang sains bagi para siswa siswi pada jenjang SD, SMP, dan SMA se-Indonesia. Siswa yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional adalah siswa yang telah lolos pada tahap seleksi tingkat kabupaten dan propinsi.
Sejarah pelaksanaan OSN dimulai sejak tahun 2002, saat Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah Olimpiade Internasional Fisika. Ajang adu kemampuan bidang fisika siswa se-dunia di Bali itu diikuti oleh  72 negara, dibuka oleh Megawati Soekarnoputri, saat itu Presiden Republik Indonesia. Kegiatan itu juga mendapatkan respon positif dari mendiknas.
Depdiknas juga sudah mengeluarkan Peraturan Menteri No. 34 Tentang  Prestasi Peserta Didik yang Memiliki Potensi Kecerdasan maupun Bakat Istimewa
. Selain itu, tertuang juga di Peraturan Menteri No. 39 Tahun 2008 Tentang Pembinaan Kesiswaan, yang salah satunya berisi tentang kegiatan seni dan olah raga. Polanya hampir sama dengan OSN
OSN diadakan  setiap tahun di kota yang berbeda. OSN merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia yang akan dibimbing lebih lanjut oleh tim bidang kompetisi masing-masing, dan akan diikutsertakan di olimpiade-olimpiade tingkat internasional.
Beberapa bidang yang diperlombakan dalam OSN yaitu:
§  Jenjang SD: Matematika dan IPA.
§  Jenjang SMP: Matematika, Fisika, Biologi dan pada tahun 2008 ditambahkan bidang baru yaitu Astronomi, tetapi pada tahun 2009, bidang Astronomi ditiadakan kembali. Tahun 2010 ditambahkan bidang baru yaitu IPS.
§  Jenjang SMA: Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Astronomi, Komputer, Ekonomi, dan pada tahun 2008 ditambahkan bidang baru yaitu Kebumian.
Tujuan diadakannya OSN agar para siswa siswi menyukai dan menguasai sains. Peraih medali di tingkat kabupaten, akan memperoleh reward dari pihak dinas kabupaten/kota maupun provinsi. Hal ini sesuai dengan adanya otonomi daerah yang berlaku.

- Copyright © Dreams and Hopes - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -